Chess – Cardboard Group Faculty

Selamat datang kembali di Anatomi Desain! Dalam sesi ini kita akan menangani gajah di dalam ruangan dan cikal bakal dari sebagian besar permainan yang kita nikmati hari ini: Catur. Saya juga akan membahas beberapa varian (termasuk varian yang kita semua kenal dan sukai hari ini), dan membandingkan beberapa sport serupa dari periode waktu kontemporer serta sport trendy dan interpretasi Catur yang serupa.

Pengingat singkat bahwa kita akan langsung masuk ke diskusi kita tentang Elemen Inti, Tema, dan Peran Tersirat tanpa banyak basa-basi, jadi jika Anda mencari penyegaran terminologi, pastikan untuk memeriksa kelas Design Anatomy 101.

Mengapa Mengeruk Sejarah Lama?

Beberapa dari Anda mungkin bertanya-tanya mengapa kami memulai dengan permainan yang agak tidak menarik atau usang, seperti Catur, Poker, dan di permainan mendatang, Risiko, Monopoli, dan judul serupa. Singkatnya, justru karena game-game ini terkenal, dengan aturan yang akrab bagi sebagian besar jika tidak semua pembaca. Mereka juga telah menikmati popularitas yang stabil selama setengah abad terakhir ini, jika tidak lebih lama, dan mengandung pelajaran yang baik bahwa permainan tidak perlu meluluhkan pikiran pemain dengan inovasi dan bakatnya untuk tetap menjadi sukses yang kuat dan multigenerasi.

Yang terpenting, bagaimanapun, adalah bahwa permainan ini biasanya cukup sederhana menurut standar permainan papan trendy. Beberapa permainan, seperti Surat Cinta atau Menang, Kalah, atau Pisang memiliki periode pembelajaran yang sangat singkat bahkan dibandingkan dengan permainan pokok populer, tetapi Monopoli atau Risiko jauh lebih kompleks dan menakutkan bagi calon pemain baru daripada sesuatu seperti Agricola atau Rex: Hari Terakhir dari sebuah Kekaisaran. Ini juga berarti mereka lebih mudah untuk dibedah untuk kelas Anatomi Desain, serta menawarkan beberapa dasar kuat Elemen Inti yang pasti akan Anda lihat setelah kita menggali gelombang permainan trendy nanti.

Pertanyaan Diskusi: Apa yang mungkin menjadi contoh permainan yang jauh lebih tua, mungkin klasik, dengan aturan yang sama dalam kompleksitas dengan permainan papan trendy yang mendalam dan rumit?

Dengan semua itu, mari gali diseksi desain kita!

chess-2727443_1920.jpg

Catur

Ikhtisar Aturan

(Jika Anda terbiasa dengan catur, silakan lewati bagian ini)

Catur adalah permainan dua pemain yang dimainkan di papan catur persegi berukuran 8×8. Setiap pemain memiliki 16 buah, biasanya semuanya putih atau semua gelap, diatur pada dua baris yang paling dekat dengan mereka. Potongan terdiri dari 8 Pion, masing-masing 2 Benteng, Ksatria, dan Uskup, dan satu Raja dan Ratu. Setiap bidak memiliki aturan unik untuk memindahkan dan menangkap bidak lainnya, dengan tujuan akhir untuk menjebak raja pada posisi yang dapat ditangkap pada giliran berikutnya (Posisi yang disebut “periksa”). Seorang pemain tidak pernah diizinkan untuk membiarkan raja mereka ditangkap, karena ini mengakhiri permainan (“skakmat”).

Gerakan untuk semua bidak adalah sebagai berikut:

Pion: Dapat bergerak maju 1 kotak, atau opsional 2 kotak pada putaran pertama permainan. Mereka mungkin hanya menangkap bidak secara diagonal di depan mereka. Jika gerakan 2-ruang awal mereka memungkinkannya bergerak melewati pion musuh yang bisa menangkapnya jika hanya bergerak 1 kotak, pemain lain dapat menggerakkan pion mereka untuk bergerak seolah-olah mereka telah menangkap pion yang bergerak maju hanya 1 spasi. . Gerakan khusus ini disebut en passant. Pion juga dapat dipromosikan jika mencapai barisan belakang, segera diganti untuk bidak mana pun dalam permainan selain raja. Benteng: Dapat memindahkan sejumlah ruang yang tidak diblokir ke atas, bawah, kiri, atau kanan dalam garis lurus, dan dapat menangkap bagian yang mereka akhiri. Jika Benteng dan Raja tidak bergerak dan ruang ksatria dan uskup (dan mungkin ratu) antara raja dan benteng kosong, raja dapat dipindahkan dua kotak ke arah benteng, dan benteng segera ditempatkan di sisi berlawanan dari benteng. raja di alun-alun yang berdekatan. Ini disebut kastil. Ksatria: Ksatria menggerakkan dua kotak ke atas, bawah, kiri, atau kanan, dan kemudian satu spasi ortogonal kedua ke arah yang mereka tuju. Gerakan awal dari dua kotak mengabaikan semua bagian yang dilewatinya, teman dan musuh, dan hanya menangkap bagian tempat gerakan ortogonal tunggal mendarat. Uskup: Uskup dapat memindahkan sejumlah ruang yang tidak terhalang secara diagonal dalam garis lurus, dan dapat menangkap bagian yang mereka akhiri. Ratu: Ratu menggabungkan gerakan dan kemampuan menangkap Benteng dan Uskup, bergerak ke segala arah dalam garis lurus. Raja: Raja dapat pindah ke ruang yang berdekatan, tetapi hanya 1 ruang. Mereka dapat menangkap bagian tempat mereka mendarat.

Potongan-potongan diatur dengan baris yang paling dekat dengan pemain yang memiliki dua benteng di sudut luar, dengan ksatria ditempatkan di alun-alun yang berdekatan berikutnya, dan para uskup di alun-alun setelah itu. Raja dan ratu ditempatkan di dua ruang yang tersisa, dengan ratu ditempatkan pada ruang warna yang sama dengan warna bidak. Akhirnya, semua pion ditempatkan di baris berikutnya. Permainan dimulai dengan pemain kulit putih, dan bergantian dengan setiap pemain menggerakkan satu bidak pada gilirannya sampai skakmat tercapai dan raja ditangkap.

Jika Anda tertarik untuk mempelajari aturannya secara mendalam, artikel Wikipedia tentang catur cukup lengkap.

Dengan ringkasan itu, mari masuk ke pembahasan kita.

catur-2952457_1280.png

Elemen Inti

Seperti yang telah kami diskusikan sebelumnya dengan diseksi Anatomi Desain Poker kami, elemen inti dari sebuah permainan adalah apa yang membantu membuatnya unik dan menentukan cara bermain dan rasanya. Catur hadir dalam varian desain visible mulai dari ukiran kayu dan batu asli yang berusia hampir seribu tahun hingga Spongebob plastik trendy atau Lord of the Rings, tetapi semuanya memiliki elemen dasar yang sama.

The 8×8 Checkerboard: Ini adalah elemen dasar yang mengejutkan, tapi penting. Kami akan membahas tentang beberapa varian nanti yang menggunakan Catur tetapi mengurangi atau mengubah ukuran papan dan jumlah bidak, karena keduanya dapat membuat dampak besar pada fungsi permainan, tetapi perlu diingat berapa banyak permainan akan berubah jika Anda tidak melakukan apa-apa tetapi ubah ke papan 7×7, hapus pola kotak-kotak, atau ubah menjadi kisi hex. The Items: Ini tidak hanya mencakup bidak itu sendiri dan proporsinya masing-masing dari 16 bidak untuk setiap pemain, tetapi juga pola gerakannya. Permainan akan sangat berbeda jika hanya ada satu atau dua jenis gerakan (seperti Checkers) atau jenis gerakan yang unik untuk setiap bagian (seperti The Duke). Core Gameplay Loop: Core loop hanya untuk memindahkan 1 buah pada satu waktu, bergantian pemain sampai pemain dimasukkan ke dalam skakmat. Sementara saya pribadi merasa bahwa Catur akan merasa sebagian besar sama (jika sedikit lebih agresif) jika pemain membuat dua gerakan, atau tiga, pada gilirannya, bukan satu, itu bukan satu-satunya cara Anda dapat memodifikasi loop, dan perubahan yang lebih berbeda bisa buat permainan yang lebih jauh dari cara bermain dan perasaan Catur. Informasi Sempurna: Salah satu aspek unik dari Catur yang tidak terlihat di semua sport adalah kedua pemain mengetahui semua informasi yang mungkin ada dalam sport. Tidak ada bagian tersembunyi, tidak ada hasil yang tidak diketahui untuk interaksi yang diberikan, tidak ada peluang acak. Ini berarti Catur adalah permainan keterampilan-vs-keterampilan murni, dan selanjutnya akan sangat sulit jika bukan tidak mungkin bagi pemain pemula dan tidak berpengalaman untuk mengalahkan pemain grandmaster karena perbedaan keterampilan. Sejarah: Ini sedikit aneh, tetapi sejarah Catur telah memainkan sebagian besar identitasnya. Sejarah Catur di Wikipedia menunjukkan pendahulunya muncul pada awal 280 M, dan aturannya dipadatkan menjadi format trendy pada tahun 1475. Ada banyak diskusi tentang ide ini di podcast Shut Up & Sit Down #88, mulai dari 55:30 di bawah ini:

Meskipun tidak ada yang mengatakan bahwa Catur secara objektif adalah sport terbaik yang pernah dibuat, atau bahkan di 10 Teratas, penting juga untuk diingat bahwa sport ini telah bertahan dan berkembang selama ribuan tahun perubahan dan evolusi. Sesekali, pikirkan dan rujuk ide-ide klasik seperti ini, untuk melihat apakah Anda dapat menarik elemen apa pun dari gameplay yang disederhanakan atau daya tarik yang dimilikinya.

Pertanyaan Diskusi: Pilih salah satu elemen inti di atas, dan gandakan:

Dimensi papan dua kali lipat: Bagaimana permainan akan dimainkan pada kotak 16×16, tetapi masih 16 buah per pemain? Dua kali bidak per pemain: Bagaimana papan sempit yang terdiri dari 16 pion, 4 bidak lainnya, 2 raja dan 2 ratu per pemain dimainkan? Gerakan dua kali: Apa cara menarik untuk menggandakan jumlah gerakan yang bisa dilakukan pemain pada gilirannya? Dua kali informasi yang sempurna: Dalam hal ini, katakanlah Anda harus menyatakan langkah Anda selanjutnya sebelum pemain lain melakukan langkah mereka. Bagaimana ini akan mengubah strategi permainan? Dua kali sejarah: Bagaimana tampilan permainan jika berumur 1.500 tahun lagi? Elemen apa yang akan tetap, berubah, atau tetap sama?

chess-3894243_1920.jpg

Varian dan Sport Terkait

Tidak diragukan lagi ada ratusan variasi dalam permainan Catur. Alih-alih menelusuri seluruh daftar secara mendalam, saya hanya akan menyentuh dua varian trendy dan dua varian kuno, serta alasan dan perbedaan yang melekat di dalamnya.

Chaturanga: Ini adalah salah satu varian Catur paling awal, yang muncul dari India pada abad ke-7. Meskipun sebagian besar menyerupai Catur trendy, ada sejumlah perbedaan dalam jarak gerakan bidak individu, dan Gajah (yang kemudian menjadi Uskup) memiliki sejumlah opsi unik yang mungkin ditulis untuk pergerakannya di berbagai sumber. Mad Queen Chess: Ini adalah sedikit entri trik, karena Mad Queen Chess sebenarnya adalah varian yang menjadi sangat populer sehingga disemen ke dalam aturan gameplay trendy (dan kemudian sama untuk castling). Sebelumnya, ratu dibatasi hanya pada satu ruang secara diagonal, dan varian populer dari serangkaian opsi gerakan gabungan benteng dan uskup menjadi begitu luas sehingga menjadi norma de-facto baru untuk permainan. Solitaire Chess: Ini sebenarnya adalah permainan puzzle, dimainkan di papan 4×4. Tujuannya adalah untuk menangkap semua kecuali satu bidak, menggunakan gerakan authorized yang dibuat oleh bidak lainnya. Permainan hanya mencakup 6 buah: satu dari masing-masing bagian yang berbeda (pion, benteng, ksatria, uskup, raja, dan ratu). Ini menggunakan subset dari sport dasar, mengubah komponen menjadi pengalaman yang hampir sepenuhnya baru sambil menjaga sebagian besar cita rasa strategis dari sport asli tetap utuh. LOKA: A Sport of Elemental Technique: Akhirnya, kita sampai pada varian catur yang memperkenalkan aturan pertempuran untuk menangkap bidak, serta jebakan elemen dan bahaya yang ditempatkan pada kotak di papan catur juga. Di bawah tenda, bagaimanapun, sebagian besar masih sama dengan Catur dasar, dan memang bidak dapat digunakan untuk catur biasa hanya dengan mengabaikan aturan tambahan baru. LOKA sepertinya jauh dari satu-satunya sport yang menambahkan aturan pertempuran dan dengan demikian menghapus elemen gameplay inti informasi yang sempurna, tetapi dalam kasus ini LOKA merupakan contoh bagus dari beberapa perubahan yang dapat dilakukan pada sport klasik melalui lensa, dalam hal ini, unsur wargaming.

Jika Anda punya waktu, saya sangat menyarankan untuk melihat melalui halaman Wikipedia (serta sumber lain) mengenai beberapa varian Catur, terutama varian historis dan regional, dan lihat apakah Anda dapat mengidentifikasi elemen yang tampaknya bertahan di antara varian versus elemen yang dapat berubah dan bervariasi.

Pertanyaan Diskusi: Lihatlah beberapa varian historis untuk Catur: Menurut Anda mengapa varian Mad Queens dan castling menjadi populer, tetapi yang lainnya tidak bertahan hingga hari ini?

Itu saja untuk hari ini! Sesi berikutnya dalam Anatomi Desain kita akan membahas Monopoli klasik namun sering dibenci, serta mendiskusikan bagaimana dan mengapa beberapa varian berhasil dan gagal, dan efek merugikan yang dapat ditimbulkan oleh terlalu banyak varian pada citra dan reputasi sport. Sampai sesi berikutnya, ingatlah sport klasik yang sudah lama ada seperti Catur, dan pikirkan tentang beberapa elemen yang paling tahan lama dan paling abadi dari desain Anda sendiri.

Desain Anatomi 102 Pekerjaan Rumah:

Lakukan kedua hal berikut:

Bayangkan jika Catur diperkenalkan kembali melalui publikasi regular atau Kickstarter tahun depan. Fitur, tujuan peregangan, atau perluasan apa yang mungkin dibuat untuk itu? Elemen apa yang perlu ditambahkan atau dihapus untuk membuatnya populer di pasar sport trendy? Bayangkan jika board sport yang diterbitkan dalam dua dekade terakhir malah dikembangkan pertama kali pada tahun 500 M. Mengingat 1.500 tahun atau lebih perubahan dan evolusi, seperti apa permainan itu hari ini? Elemen apa yang akan dipertahankan, apa yang akan disederhanakan, dan apa yang akan dihapus seluruhnya?

Karena (opsional!) Sebagai komentar di bawah ini pada awal kelas berikutnya!

(Gambar header dari Pitsch. King dan pion dari O12. Potongan prisma dari GDJ. Potongan antik dari pixel2013. Semua gambar dari Pixabay)

Seperti ini:

Seperti Memuat…

Author: Edward Evans